Kamis, 26 September 2013

Roti Sobek Pizza, Roti Pisang cokelat, Roti Keju

Asiiikk akhirnya nyobain bikin roti walopun cuma pake mixer philips (orang laen mah pake mixer bosch yang keren dan mahal dan bagus dan bikin kepengen ittuuuh) dengan kocokan spiralnya, lalu dilanjut diuleni pake tangan, sampai tangan berotot otot ngalahin otot dedy corbuzier *naonsih muehehe. Satu resep ini jadinya banyak banget, buat aku yang cuman hidup berdua doang disini, jadilah dengan pedenya aku bagi2 ke tetangga sama temen kantornya suami. Jadinya sekitar 20 roti.

Resepnya aku dapet dari blognya mba hesti...food blogger favoritku, ngefans berat deh. Selain resep2nya lengkap ga pernah dikurang kurangin atau ditambah tambahin, hasil jepretannya juga keren kereeeeenn. Hasil masakannya pasti cantik2.

Water Roux :

- 50 gr tepung terigu protein tinggi
- 250 ml air

Bahan :

- 400 gr tepung terigu protein tinggi
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 10 gr ragi instant
- 100 gr gula pasir
- 2 sdm susu bubuk
- 1 butir telur + 1 kuning telur
- 200 gr water roux
- 175-200 ml air hangat
- 75 gr margarin
- 1 sdt garam

Filling roti sobek pizza :

- 250gr daging cincang
- 2 siung bawang putih cincang
- 1/2 butir bawang bombay cincang
- olive oil
- oregano bubuk
- Keju mozarella potong dadu
- 200 ml puree tomat
- 2 sdm saus tomat botolan
- garam. merica

Topping dan Filling :

- 8 buah pisang kepok matang
- pasta cokelat
- Keju cheedar parut
- Oregano bubuk

Cara Membuat :

- Filling roti sobek pizza : tumis dengan olive oil, bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukan daging cincang, masak sampai berubah warna, lalu masukan semua bahan, aduk sampai mengental, sisihkan.

- Water roux : Dalam panci, campurkan air dan tepung, aduk sampai ratan dan tidak bergerindil. Masak dalam api kecil sampai mengental, jangan sampai mendidih. sisihkan sampai dingin.

- Roti : Tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam kedalam mixer, campurkan water roux, telur, dan air hangat, lalu nyalakan mixer, proses sampai kalis. Lalu masukan garam dan margarin, mixer lagi sampai elastis. Lanjutkan menguleni dengan tangan, kalau dirasa terlalu lengket, bisa ditambahkan terigu sedikit demi sedikit, kalo terlalu keras, bisa ditambahkan air.

Tutup dengan cling wrap sampai mengembang 2x lipat. Untuk roti sobek pizza, ambil adonan seberat 40 gr, lalu beri isian, selipkan keju mozarella, lalu bentuk bulat memanjang, simpan di loyang brownies. Ulangi sampai loyang penuh, lalu olesi atasnya dengan kuning telur yang dicampur sedikit susu cair, lalu beri taburan oregano bubuk, panggang sekitar 15-20 menit.
Untuk roti pisang cokelat, ambil adaonan seberat 60 gr, lalu beri isian pisang dan cokelat, lalu dibentuk kepang.









Ada kejadian oon dalam pembuatan roti ini, gara-gara asik merhatiin hubby yang serius banget nerima telepon dari suatu perusahaan yang nawarin kerjaan, jadilah eike salah bikin olesannya, yang harusnya kuning telornya doang, jadi masukin pake yang putihnya juga, daaan baru inget pas udah mau beres nyahnyahnyah -____-

Harap makluum karena ini roti pertamaku, jadi bentuk roti belom bisa cantik mirip punya mba hesti *jauh kemana mana*. Tapi rasanya mah enaak, lumayan lembut, cuman luarnya aja yg terlalu garing, mungkin terlalu lama di oven plus gegara si putih telor. Harap makluuum lagi,ovennya manual, ga ada ukuran temperaturnya *self defense* mhehe. Pokonya masih penasan bikin roti lagi lain kali yak~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar