Rabu, 06 Maret 2013

Kue Ku

Seperti biasa aku maksa banget kalo pengen bikin sesuatu. Cetakan ga punya, daun pisang juga lagi ga punya, kukusan juga mengandalkan presto serbaguna, tapi hajarr aja  deh, berhubung kue ku ini berasa udah ada di ujung lidah plus kacang hijau kupas yang udah lama dibeli tapi belum disentuh sentuh.

Konon, Kue Ku ini adalah kue tradisional Cina. Lambang panjang umur, keberuntungan dan kemakmuran. Biasa dibagikan pada selamatan 40 hari kelahiran bayi dan ulang tahun. 

Bahan:
minyak goreng untuk olesan
20 potong kecil daun pisang (aku ga pake dan jangan ditiru,jadinya lengket)

Isi:
400 gr kacang hijau kupas
150 gr gula pasir
100 ml susu segar
1 sdt vanili 

Kulit:
250 ml santan dari 1 butir kelapa ---- aku pakai santan instan & hanya pakai kurleb 180 ml
250 gr tepung ketan
100 gr gula pasir 
3 - 6 tetes pewarna merah ---- aku pakai yang warna hijau

Cara Membuat:
  • Isi: kukus kacang hijau panas-panas segera lumatkan. Campur dengan gula, susu dan vanili. Jerangkan diatas api kecil sambil diaduk hingga adonan kalis dan bisa dibentuk, angkat. Bagi menjadi 20 bulatan.
  • Kulit: panaskan santan (tidak perlu sampai mendidih), tuangkan ke dalam tepung ketan, tambahkan gula. Uleni hingga adonan lentur dan lemas, beri pewarna hijau.
  • Bentuk adonan kulit bulat2, lalu pipihkan, beri isian, bentuk menjadi oval.
  • Kukus selama 10 menit ---- aku pakai presto, jadi cukup 5 menit aja. Angkat, lalu olesi minyak agar tidak lengket

Bentuknya ga ada cantik cantiknya ya...ga apa apa deh,yang penting rasanya enak kok (menghibur diri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar